Instalasi IPFire dengan Single Interface


Hal yang perlu digaris bawahi adalah instalasi IPFire dengan 1 interface hanya ideal untuk penggunaan dalam jaringan internal (misalnya untuk proxy, fileserver dan sebagainya).
Jika anda berencana untuk menggunakan IPFire seabagai gateway atau firewall yang menyambungkan jaringan anda ke internet maka dengan alasan keamanan gunakanlah minimal 2 interface (green dan red).
Panduan ini terdiri dari 3 bagian.
  1. Bagian pertama menjelaskan prosedur instalasi dasar IPFire.
  2. Bagian kedua menjelaskan prosedur pengaturan dasar (jaringan, waktu, keyboard, dsb).
  3. Bagian ketiga menjelaskan prosedur tambahan agar anda dapat menggunakan satu interface.
Anda dapat mendownload panduan tersebut disini : http://www.mediafire.com/?rheeyf6el6somd6
Password : ipfire.id
IPFire dengan satu interface ideal untuk penggunaan web proxy seperti pada lingkungan gamecenter, warnet atau perkantoran yang menggunakan gateway lain (seperti mikrotik) untuk terhubung ke internet.
Catatan :yg perlu diperhatikan saat selesai install echo RED_DEV=green0 >> /var/ipfire/ethernet/settings/etc/init.d/network restart   <<===   dalam tutorial masih menggunakan "networking".. makanya sering keluar bash..
setelah semuanya [OK]buka https://ip_proxy:444 aktifkan ssh supaya bisa diremote via winscp & putty bagi pengguna jendela..utk memastikan web proxy aktif apa ga, bisa diliat di tab STATUS, right menu SERVICE.. kalo web proxy masih merah (not running) dapat dipastikan agan ga bakalan bisa browsing http, kalo https masih bisa ..
solusinya coba cek error message languagenya ganti ke template utk ipfire core < 66 dan jangan lupa menambahkan Allowed subnets (one per line): range ip LAN agan ..
have fun with ipfire 



Ingin Share Artikel ini silahkan klik icon dibawah ini :


0 komentar:

Post a Comment